HP ENVY: Minimalis, Artistik, dan Superior secara Teknologi

Di tengah kemajuan teknologi komunikasi informasi sekarang ini, ada berbagai terminologi yang mengiming-imingi konsumen. Ada laptop. Ada notebook. Ada netbook. Ada komputer. Atau semuanya adalah komputer, dan yang membedakan adalah fungsi, desain, dan harga.

Secara bersamaan, di sisi konsumen dan produsen komputer dengan berbagai terminologi, kita melihat ada aspek lain yang menjadi pertimbangan dan menggiurkan siapa saja yang melihatnya. Aspek ini mencakup sisi artistik dan sekaligus juga superior secara teknologi.

Ibarat mobil sejenis Lamborghini atau Ferrari dengan desain artistik dan mesin superior yang kemampuannya teruji lewat kecepatan, komputer dengan berbagai terminologi ini juga memiliki kesamaan dengan mobil mewah, desain yang futuristik, dan harga yang mengerutkan dahi.

Dalam industri komputer, banyak model komputer yang bermunculan mengikuti aspek ini. Apple Computer dengan iMac atau MacBook Pro adalah salah satu contohnya. Acer dengan seri Ferrari berwarna merah menyala dan rancang desain yang menggiurkan adalah contoh lainnya.

Minimalis

Hewlett-Packard (HP), produsen teknologi komputer terbesar di dunia, seperti tidak mau tertinggal setelah sekian lama tenggelam dalam mengejar pangsa pasar yang terus-menerus dipacu bersaing dengan berbagai merek global lain. Selama ini, HP ibarat mendorong kotak komputer kepada konsumen, tidak menghadirkan pembeda yang signifikan bagi konsumen kebanyakan.

Namun kali ini, ada yang berbeda. Ketika Kompas mencoba produk terbaru HP Envy15, notebook dengan monitor 15 inci (diagonal 38,1 cm) dan berat sekitar 2,5 kg tanpa catu daya listrik, ternyata perusahaan Amerika Serikat yang menghasilkan beragam jenis teknologi komputer ini mampu memberikan perbedaan signifikan yang mengikuti kemajuan teknologi komunikasi informasi.

Envy15 masuk dalam kategori desktop replacement dan menjadi notebook HP yang paling mahal selama ini. Rancangannya pun minimalis, mencerminkan nilai elegan, dan kekuatan teknologi yang ingin ditonjolkan melalui prosesor Intel Core i7 Q820 dengan kecepatan komputasi 1,73GHz, kapasitas memori 8 GB, sistem operasi Windows 7 Home Premium 64 bit, prosesor grafik ATI Radeon HD 4830, dan pengeras suara Beats yang menghadirkan sistem tata suara mewah untuk kategori notebook.

Semua spesifikasi HP Envy15 menunjukkan kualitas yang diunggulkan. Hal ini mencerminkan bahwa HP adalah produsen teknologi terbesar di dunia. Kita akan suka dengan rancangan minimalis dengan penutup monitor yang diukir menggunakan teknologi laser. Kita akan suka dengan rongga-rongga yang terkumpul dalam kesatuan menghadirkan USB, HDMI, dan LAN.

Kita pun akan suka dengan struktur papan ketik yang lebar, kendali mouse touchpad lebar yang futuristik, tombol on/off, serta lampu-lampu penanda tersembunyi di atas papan ketik. Nilai minimalis Envy15 pun ditunjukkan tanpa kehadiran berbagai stiker, seperti notebook yang selama ini ditawarkan di pasar, mulai dari Intel Inside, stiker spesifikasi, dan lainnya seolah tak percaya diri.

Envy15 adalah notebook sekelas MacBook Pro buatan Apple, tetapi lebih canggih dan mewah walaupun masih menempatkan pemutar cakram optik DVD sebagai koneksi tambahan di luar atau tidak terintegrasi menjadi satu. Kemasan magnesium alloy Envy15 mencerminkan kemewahan.

Secara kinerja, Envy15 jelas memiliki keunggulan yang tidak tertandingi berkat prosesor dan besaran memori yang dimilikinya. Notebook terbaru HP ini memiliki kinerja sangat cepat dibandingkan yang ada di pasar. Hanya ada satu kendala, yaitu mesin ini sangat panas.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s